Pengertian Tenaga Kerja Asing

Posted on

Pengertian tenaga kerja asing dapat ditinjau dari berbagai sudut pandang, dimana diantaranya yang menentukan kontribusi kepada daerah dalam hal retribusi dan menentukan status hukum serta bentuk persetujuan dari pengenaan retribusi. TKA merupakan orang yang bukan warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja, baik dalam maupun luar hubungan kerja, yang bertujuan untuk menghasilkan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Berikut ini beberapa segi tinjauan pengertian.

Pengertian tenaga kerja asing ditinjau dari undang-undang, dimana pada Pasal 1 angka 13 UU Nomor 13 Tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan diartikan bahwa “Tenaga kerja asing adalah warga negara asing pemegang visa dengan maksud bekerja di wilayah Indonesia”.

Mempekerjakan orang asing adalah hal yang ironi, sementara warga negeri masih banyak yang menjadi pengangguran. Tetapi, karena sebab akibat, mempekerjakan pekerja asing tersebut tidak bisa dihindarkan. Menurut Budiono, terdapat beberapa tujuan penggunaan TKA, antara lain:

  • Memenuhi kebutuhan tenaga ahli terampil pada beberapa bidang yang belum dapat ditemukan pada pekerja lokal.
  • Mempercepat ekspositions pembangunan nasional dengan cara mempercepat komposisi alih ilmu pengetahuan, terutama pada sektor industri.
  • Memberikan kesempatan kerja bagi pekerja lokal.
  • Meningkatkan investasi sebagai penunjang pembangunan nasional.

Di wilayah Indonesia aktifitas TKA diawasi langsung oleh Dinas Tenga Kerja yang ditinjau dari Peraturan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing.

Tujuan aturan mengenai jasa pengurusan tenaga kerja asing jika ditinjau dari aspek hukum pada dasarnya ialah untuk menjamin dan memberi kesempatan kerja bagi WNI di berbagai tingkatan. Sehingga dalam mempekerjakan TKA harus dijalankan sesuai dengan prosedur dan mekanisme, dimulai dengan seleksi hingga pengawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *